Recents in Beach

Gethuk Lindri Takjil Buka Puasa

Gethuk Lindri makanan yang terbuat dari ubi singkong ini bikin kangen untuk menikmati. Rasa yang khas bikin lidah kita ketagihan apalagi gethuk lindri buatan tangan ibu. Selain rasa yang khas gethuk lindri ini sangat cocok buat takjil berbuka puasa.

Dengan bahan yang mudah didapatkan, biasanya di daerah pedesaan ubi singkong tak perlu membeli cukup ambil dari pekarangan rumah. Bagi kalian para pembaca blog ini, jika di pekarangan rumah ada ubi singkong jangan lewatkan, mari membuat takjil berbuka puasa sendiri daripada membeli.

Hari ini saya akan bagikan cara membuat gethuk lindri yang lezat. Pasti akan membuat lidah kita ketagihan untuk menikmati.

Resep Gethuk Lindri Lezat



Bahan:

1 kg singkong pewarna kuning secukupnya (atau warna ikut selera)
200 gram gula pasir
1/2 sendok teh vanila
100 gram mentega
100 gram kelapa parut

Cara membuat

» Kupas terlebih dahulu singkong, Jika sudah, cuci singkong dengan menggunakan air bersih sampai benar-benar bersih.

» Setelah itu, siapkan alat untuk mengukus. Jika sudah, kukus singkong yang sudah dibersihkan tadi sampai benar-benar empuk.

» Jika singkong sudah empuk, tumbuk sampai halus. Lalu, sisihkan terlebih dahulu.

» Siapkan wadah, lalu masukan gula pasir, vanili, dan mentega. Aduk merata bahan-bahan tersebut sampai gula menjadi larut.

» Selanjutnya tuangkan campuran gula ke dalam singkong yang sudah dikukus dan dihaluskan. Aduk sampai merata. Lalu tuangi pewarna dan aduk hingga merata.

» Siapkan alat khusus untuk menggiling getuk lindri. Lalu giling adonan dengan menggunakan gilingan getuk lindri tersebut.

» Lalu gulung dan potong, susun di atas piring dan taburi parutan kelapa diatas gethuk lindri.

» Gethuk lindri siap untuk takjil berbuka puasa, nikmatj dengan teh hangat.

Selamat mencoba!

Posting Komentar

4 Komentar

  1. wew, nikmat bila di temani secangkir kopi panas..

    BalasHapus
  2. seumur hidup saya belum pernah merasakan yang namanya gethuk, hm jadi penasaran, sepertinya Istri saya harus mencoba resep gethuknya mba nelisa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau jadi gethuknya bagi bagi ke saya ya, mas 😀

      Hapus