Recents in Beach

Festival Kue Bulan

Festival Kue Bulan



Festival Zhong Qiu (中秋节) atau di Indonesia sering dipanggil dengan sebutan Festival Kue Bulan dan dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Mid Autumn Festival adalah salah satu hari raya penting dalam tradisi Tionghoa yang jatuh pada setiap bulan 8 tanggal 15 penanggalan kalender China atau tahun ini jatuh pada tanggal 4 Oktober 2017.

Konon menurut cerita yang saya kutip dari beberapa sumber Festival Zhong Qiu ini bermula dari tradisi para Raja China pada zaman dulu yang melakukan Ritual Sembahyang Matahari pada musim semi dan Ritual Sembahyang Bulan pada musim gugur. Hal ini tercatat di buku zaman Dinasti Zhou yang berjudul “Zhou Li (周礼)” atau “Tata Krama Zhou”.

Kemudian Tradisi tersebut ditiru oleh masyarakat saat itu dan berkembang menjadi suatu hari raya penting dan meriah di masyarakat China sampai pada saat ini.

Cerita ataupun legenda mengenai Festival Zhong Qiu banyak sekali, diantaranya terdapat 3 cerita dan legenda yang paling umum yaitu legenda mengenai Chang’e (嫦娥) menjadi Dewi Bulan, Wu Gang (吴刚) menebang pohon Osmenthus, dan Zhu Yuan Zhang (朱元璋) melawan Dinasti Yuan.

Nah, itulah sedikit ulasan singkat tentang Fastival Kue Bulan yang dirayakan pada hari ini di negara China. Tentunya sedikit memberi wawasan bagi yang belum tahu mengapa di negara China ada tradisi Fastival tersebut.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Wah tradisi yang bagus untuk menjalin silaturahim. Selama positif harus dilestarikan, dengan satu syarat kue bulannya jangan lupa kirim kerumah ya..he..he..

    BalasHapus
  2. Tradisi unik dibeberapa negara cuma sedikit yg aku tahu termasuk tradisi yg satu ini baru tahu
    kuenya mirip ku moho biasanya aku buat diisi kacang hijau atau coklat kegemaranku

    BalasHapus
  3. Itu bakpao ya. Sering lewat depan rumah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bnr, itu kaya bakpao mini yak, sering denger si, tp baru tw ini ttg perayaan nya masyarakat Thionghoa. Kue "dik change", dewi bulan

      Hapus