Recents in Beach

Cara Membuat Cake Mentega

Cake atau yang sering disebut kue bolu di kalangan masyarakat pada umumnya, dan biasanya kue ini digunakan pada saat resepsi, ulang tahun, dan acara-acara lainnya. Tapi, meskipun demikian kita bisa membuat sendiri untuk dijadikan makanan ringan, menemani teh hangat, saat bersantai bersama keluarga, pada saat libur kerja maupun sekolah. Caranya sangat mudah meskipun kita tidak memiliki oven untuk memanggang, tapi cake ini bisa di kukus.

Nah, berikut ini saya bagikan resep cara membuat cake mentega berdasarkan pengalaman sendiri, yang saya buat saat waktu luang.






Cara Membuat Cake Mentega

Bahan:
150 gram tepung terigu
185 gram mentega (dicairkan)
6 butir telur
26 gram susu bubuk atau susu cair full cream
05 gram baking soda
250 gram gula halus
10 gram baking powder
1 sdt vanilla


Cara Membuat:
Tepung terigu, baking powder, baking soda, susu bubuk campur menjadi satu lalu diayak. Kemudian telur, gula pasir diaduk hingga adonan mengembang.  Lalu masukan adonan tepung secara perlahan-lahan agar tidak menggumpal. Kemudian masukan vanilla, mentega cair. Aduk rata semua bahan hingga benar-benar tercampur merata. Tuangkan adonan ke dalam Loyang. Sebelum dituangkan Loyang harus diolesi dengan mentega dan juga dialasi dengan menggunakan kertas roti. Panggang adonan dalam suhu 180℃ dengan api atas bawah, selama 35 menit.

Catatan: Jika menggunakan susu cair maka masukan susu tersebut bersamaan dengan mentega cair, juga adonan cake bisa di hias sesuai hati kita, dengan cara ambil garbu untuk melukis adonan. Kalau saya menggunakan sumpit untuk melukis adonan dan jadinya seperti pada gambar di atas. Okay, selamat mencoba!

Salam sukses dan keep writing!

Posting Komentar

0 Komentar